07 Februari 2020 | 19:20:00 WIT

BKD MELAKUKAN SIDAK KE OPD DI LINGKUNGAN PEMERINTAH PROVINSI MALUKU

ary - Disiplin



Foto : Tim BKD sedang melakukan sidak pada Dinas Sosial Provinsi Maluku


Ambon – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Maluku melakukan Inspeksi Mendadak (SIDAK) ke sejumlah OPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Kamis (07/02/2020).

Sidak dilakukan oleh 3 TIM dan didampingi unsur Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Tim melakukan sidak di 36 OPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku. Proses Sidak dilakukan dengan cara mengambil Absensi atau daftar hadir dari masing-masing OPD.

“Tujuan dilakukannya sidak agar pegawai-pegawai yang tidak hadir secara bulanan dan tahunan absennya didapat untuk ditindaklanjuti supaya diproses penjatuhan sanksi hukuman disiplin tingkat sedang sampai berat. Hal itu dilakukan untuk peningkatan disiplin”, ucap Franky Sapardi selaku Kepala Bidang Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan.

Selanjutnya Franky mengatakan sidak yang dilakukan kali ini benar-benar harus dilakukan sanksi yang tegas bagi ASN yang tidak pernah hadir tanpa alasan yang jelas. Menurutnya ada pegawai yang tidak hadir sampai dengan 5 tahun, tetapi masih ada status kepegawaian pada yang bersangkutan, sehingga harus dijatuhi sanksi hukuman disiplin tingkat berat.

Dalam proses sidak hasilnya cukup memuaskan, rata-rata kehadiran ASN diatas 90%, walaupun ada beberapa ASN yang tidak hadir namun ada keterangan yang jelas, seperti sedang melaksanakan tugas luar daerah, cuti dan sakit.